Bupati Bireuen Buka Musrembang Kabupaten Penyusunan RKPK Tahun 2023


-->

Peunawa

Iklan Berjalan

Bupati Bireuen Buka Musrembang Kabupaten Penyusunan RKPK Tahun 2023

Sabtu, 26 Maret 2022

Peunawa.com
Bireuen - Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH MSi, membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Bireuen tahun 2022 untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) tahun 2023, Kamis 24 Maret 2022 di Aula Hotel Fajar.

Hadir Ketua DPRK Rusyidi Mukhtar, S.Sos, Kepala Kejaksaan Negeri Mohamad Farid Rumdana SH MH,. Sekda Ir Ibrahim Ahmad, MSi serta Sekretaris Bapedda Provinsi Aceh, Ir Alamsyah, MM, asisten, staf ahli, kepala SKPK, Camat, dan peserta.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MH mengatakan, sesuai dengan temanya, ada tiga indikator yang ingin dicapai yaitu, pembangunan berkelanjutan, pemulihan ekonomi melalui penguatan infrastruktur dan peningkatan SDM serta daya saing daerah.

"Pelaksanaan pembangunan juga harus selaras dengan indikator ketersediaan anggaran, melihat tantangan dihadapi dan kekurangan serta harus terukur," sebutnya.

Selain itu juga perlu penyederhaaan pembangunan, bukan hanya diukur selama 5 tahun tetapi pembangunan itu dilaksanakan dalam jangka waktu lama dan berkelanjutan. 

"Muzakkar boleh berakhir jabatan, begitu juga H Saifannur, H Ruslan, Ruslan, Nurdin Abdurrahman, Mustafa A Glanggang, Hamdani Raden selaku Bupati dan Pj Bupati sebelumnya, tetapi Bupati itu tidak pernah berakhir," ujarnya.

Sehingga Bupati Bireuen berharap agar pembangunan ada yang masih tertinggal dilaksanakan oleh Bupati sebelumnya, tetap dilanjutkan seperti kantor DPRK sempat mangkrak, telah dilanjutkan tahun 2021, butuh dana sekitar 20 milyar lagi selesai.

Untuk itu menyelesaikannya diharap setiap tahun dapat dianggarkan agar dalam waktu dua tahun ke depan bisa selesai, diharap juga anggaran yang direncanakan sesuai perencanaan pembangunan, bukan sesuai dengan kemauan.

"Maka dalam keterbatasan anggaran saya nekat bangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) nantinya dapat dinikmati mamfaatnya oleh masyarakat, juga ada membangun mushala pendopo, selesaikan kantor PUPR mangkrak lima tahun, proyek strategis lainnya," ungkapnya.

Hasil dari pembangunan tersebut diharapkan menjadi sebuah legasi atau kenangan yang baik ditinggal selama menjabat, juga terus berfikir kebutuhan pembangunan lain secara suestainabe atau berkelanjutan, pungkas Bupati Bireuen.

Sebelumnya Kepala Bapedda Bireuen, Muslim, MSi dalam laporannya mengatakan, Musrenbang digelar ini sebagai simpul akumulasi kegiatan telah direncanakan di gampong dan kecamatan yang disingkronisasi dengan perencanaan SKPK Bireuen, serta berbagai aspirasi masyarakat.

Selanjutnya menjadi bahan untuk penyusunan RKPK tahun 2023, d tujuan Musrenbang ini adalah untuk mendapat masukan penyusunan RKPK, sinkronisasi dan prioritas pembangunan.

Memerlukan dukungan pendanaan dari sumber APBK, APBA dan APBK yang berhasil menetapkan 3.087 usulan prioritas kegiatan, dari 609 gampong di 17 kecamatan, terang Kepala Bapedda. (*)

Teks Foto : Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi sedang menyampaikan arahan membuka Musrenbang Kabupaten Bireuen, Kamis (24/3/2022) pagi di Aula Hotel Fajar.(*)